• Pialang adalah individu atau perusahaan yang mengenakan biaya atau komisi untuk melaksanakan perintah jual dan beli yang diajukan oleh investor.
  • Peran perusahaan saat bertindak sebagai agen bagi pelanggan dan menagih komisi untuk layanannya kepada pelanggan.
  • Seorang profesional real estat berlisensi yang biasanya mewakili penjual properti. Tugas seorang broker meliputi: menentukan nilai pasar, properti iklan yang akan dijual, menunjukkan properti kepada calon pembeli, dan memberi saran kepada klien sehubungan dengan penawaran dan hal-hal terkait lainnya.

Broker adalah pihak independen, yang layanannya digunakan secara ekstensif di beberapa industri. Tanggung jawab utama broker adalah membawa penjual dan pembeli bersama-sama dan dengan demikian broker adalah fasilitator orang ketiga antara pembeli dan penjual. Contohnya adalah broker real estat yang memfasilitasi penjualan properti.

Pialang juga bisa memberikan informasi pasar mengenai harga, produk, dan kondisi pasar. Pialang dapat mewakili penjual atau pembeli namun tidak keduanya pada saat bersamaan. Contohnya adalah pialang saham, siapa yang melakukan penjualan atau pembelian sekuritas atas nama kliennya. Pialang memainkan peran besar dalam penjualan saham, obligasi, dan jasa keuangan lainnya.

Ada keuntungan menggunakan broker. Pertama, mereka tahu pasar mereka dan sudah menjalin hubungan dengan calon akun. Pialang memiliki alat dan sumber daya untuk mencapai basis pembeli terbesar. Mereka kemudian menyaring pembeli potensial ini untuk mendapatkan pendapatan yang akan mendukung perolehan potensi. Produser individual, di sisi lain, terutama yang baru di pasar, mungkin tidak akan memiliki akses yang sama kepada pelanggan sebagai broker. Manfaat lain dari penggunaan broker adalah biaya-harganya mungkin lebih murah di pasar yang lebih kecil, dengan akun yang lebih kecil, atau dengan rangkaian produk yang terbatas.

Sebelum menyewa broker, mungkin dianggap bijaksana untuk meneliti persyaratan yang berkaitan dengan seseorang yang menggunakan judul. Beberapa judul, seperti pialang real estat, seringkali memiliki persyaratan negara yang ketat untuk menggunakan istilah tersebut, sementara yang lain, seperti pialang pesawat terbang, biasanya tidak memiliki persyaratan lisensi atau pelatihan formal.